Selasa, 20 Maret 2012


PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 1 MAJA
Alamat : Jl. Bukit bungur No. 106 Telp. (0233) 263648 Maja-Majalengka kode Pos 45461
 

KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 1 MAJA
NOMOR : 800/419/SMP.01/Disdik/2012

Tentang:
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

SEMESTER GENAP TAHUN  2011-2012

KEPALA SMP NEGERI 1 MAJA
Menimbang:
1.       Bahwa untuk mengembangkan potensi siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab, diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis dan berkelanjutan.
2.       Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada nomor 1, perlu menetapkan Surat Keputusan Standar Operasional Prosedur Guru Piket.

Mengingat:

1.       Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301)
2.       Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438)
3.       Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 74)
4.       Peraturan Menteri Penidikan Nasional No. 19 tahun 2007 tentang pelaksanaan Standar Pengelolaan.
5.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
6.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 tahun 2007.
7.       Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 5 Tahun 2008 tentang Kedudukan, Tugas Pokok dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Majalengka (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran daerah Kabupaten Majalengka Tahun 2008 Nomor 5)

MEMUTUSKAN

Menetapkan
PERTAMA







KEDUA

KETIGA




:







:

:


a.       Menetapkan Pembagaian Tugas Guru Sebagai Pembina OSIS, seperti tersebut pada lampiran 1 keputusan ini.
b.      Menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kegiatan Kesiswaan dan Ekstrakurikuler, seperti tersebut pada lampiran 2.
c.       Menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Tata Tertib Guru dan Staf, seperti tersebut pada lampiran 3 keputusan ini.
d.      Menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Guru Piket, seperti tersebut pada lampiran 4 Keputusan ini.
Segala biaya yang timbul sebagai akibat pelaksanaan Keputusan ini dibebankan kepada anggaran yang sesuai.
Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan










Lampiran 2 SK Kepala SMPN 1 Maja
Nomor                  : 800/419/SMP.01/Disdik/2012
Tentang               : STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR  (SOP) KEGIATAN KESISWAAN DAN EKSTRAKURIKULER

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEGIATAN KESISWAAN DAN EKSTRAKURIKULER

1.                 TUJUAN
a.       Tertibnya mekanisme layanan maksimal yang diberikan oleh Sekolah kepada Siswa SMPN 1 Maja
b.      Terkoordinasinya semua Pembina  dan personil yang terlibat dalam layanan ini.
c.       Meningkatkan Profesionalisme layanan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.
d.      Terkendalinya proses  kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tujuan pendidikan yang ditetapkan dalam Visi dan Misi Sekolah.


2.       STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

1.       PHBI/PESANTREN RAMADHAN/PERLOMBAAN
a.       Pembina Osis membuat proposal kegiatan.
b.      Proposal kegiatan diajukan kepada Kepala Sekolah melalui Wakasekbid Kesiswaan.
c.       Pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan proposal dan dipertanggungjawabkan oleh Permbina Osis.
d.      Pembina OSIS wajib membuat laporan kegiatan secara tertulis kepada Kepala Sekolah melalui Wakasekbid kesiswaan, paling lambat 3 (tiga) hari setelah kegiatan selesai. (format laporan telah disediakan)

2.       KULTUM
a.       Kultum dilaksanakan pada setiap hari Jum’at mulai jam 07.00 s.d 07.40
b.      Pembina osis membuat jadwal petugas kultum per kelas.
c.       Pemandu kultum membuat dan mengelola absen peserta kultum
d.      Guru PAI wajib  membina Kultum sesuai jadwal yang dibuat oleh Pembina OSIS.
e.      Pasilitas kultum dipersiapkan oleh Staf Tata Usaha di bantu pengurus OSIS.
f.        Pembina osis memberikan laporan tertulis secara berkala kepada Kepala Sekolah melalui Wakasekbid Kesiswaan

3.       BERJAMAAH DZUHUR
a.         Berjamaah dzuhur dilaksanakan pada setiap hari, kecuali hari jum’at.
b.        Pembina osis membuat jadwal berjamaah dzuhur  per kelas.
c.     Pembina osis  dan pemandu serta guru PAI membuat dan mengelola absen peserta berjamaah.
d.    Pasilitas sholat berjamaah dipersiapkan  oleh Staf TU dibantu oleh Pengurus OSIS
e.    Pembina osis memberikan laporan tertulis secara berkala kepada Kepala Sekolah melalui Wakasekbid Kesiswaan.

4.       ZAKAT FITRAH & BAKTI SOSIAL
a.       Pembina Osis membuat proposal kegiatan.
b.      Proposal kegiatan diajukan kepada Kepala Sekolah oleh pembina osis melalui Wakasekbid Kesiswaan.
c.       Pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan proposal dan dipertanggungjawabkan oleh Permbina Osis.
d.      Pembina OSIS wajib membuat laporan kegiatan secara tertulis kepada Kepala Sekolah melalui Wakasekbid kesiswaan.







5.       INFAQ , SHODAQOH & TA’ZIAH
a.       Pembina OSIS/Wakasekbid kesiswaan meminta izin kepada kepala sekolah untuk menarik infaq shodaqoh dari siswa dan menyalurkannya sesuai dengan peruntukannya.
b.      Pembina OSIS/Wakasekbid kesiswaan meminta izin kepada kepala sekolah untuk melaksanakan ta’ziah
c.       Pembina OSIS/Wakasekbid kesiswaan diberi kewenangan untuk mengatur siapa, berapa dan bagaimana ta’ziah dilaksanakan.
d.      Ta’ziah dilaksanakan di luar jam belajar, kecuali emergency (berkaitan dengan waktu, tempat, hubungan kedinasan) dengan izin kepala sekolah.
e.      Pembina OSIS/Wakasekbid Kesiswaan menyampaikan laporan pelaksanaan secar a tertulis kepada kepala sekolah.

6.       EKSTRA KURIKULER  
a.       Ekstra dilaksanakan seminggu sekali ,diluar jam intra antara jam 13.00 s/d jam 16.00.
b.      Pembina OSIS membuat jadwal  ekstra dan mensosialisasikannya kepada yang terkait
c.       Pembina OSIS/Instruktur bertanggungjawab terhadap jalannya  ekstra (absensi peserta dan instruktur serta keamanan sarana/peralatan yang dipakai).
d.      Ekstra dilaksanakan di lingkungan sekolah.
e.      Apabila ekstra dilaksanakan diluar sekolah, maka instruktur/pembina OSIS harus meminta izin terlebih dahulu kepada kepala sekolah dan melaporkan pelaksanaannya.
f.        Pembina OSIS diperbolehkan menggunakan tenaga ahli dari luar, atas izin kepala sekolah dengan proses lamaran kerja seperti pada umumnya.
g.       Pembina OSIS menyampaikan laporan ekstra secara berkala kepada kepala sekolah.
h.      Jumlah peserta ekstra Volly Ball, Futsal minimal 2 x team + cadangan. Untuk tenis meja dan yang lainnya minimal 12 siswa.

7.       PRAMUKA
a.       Latihan dilaksanakan setiap hari jum’at  jam 13.30 s/d jam 16.00 di lingkungan sekolah.
b.      Koordinator pramuka membuat program/jadwal latihan dan mensosialisasikannya kepada yang terkait.
c.       Anggota Pramuka adalah semua siswa  SMPN 1 Maja,  kelas 7 wajib dan kelas 8 dan 9 tidak wajib latihan.
d.      Pembina Pramuka  bertanggungjawab terhadap jalannya latihan,  absensi peserta dan pembina, keamanan sarana/peralatan latihan
e.      Apabila akan mengadakan latihan di luar lingkungan sekolah, maka Koordinator/ Pembina Pramuka wajib meminta izin kepada kepala sekolah dan membuat laporan pelaksanaan kegiatan sesudahnya.
f.        Mengadakan perkemahan 1 (satu) kali dalam satu tahun.




Lampiran 3   SK Kepala SMPN 1 Maja
Nomor                  : 800/419/SMP.01/Disdik/2012
Tentang               : STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEHADIRAN GURU DAN STAF


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEHADIRAN GURU DAN STAF

  1. Guru dan staf wajib hadir di sekolah, 10 (sepuluh) menit  sebelum jam pelajaran pertama dimulai.
  2. Guru dan staf yang kesiangan, wajib lapor kepada kepala sekolah/ wakasek managemen Mutu/ kaur tu/ guru piket.
  3. Guru dan staf yang karena sesuatu hal tidak bisa masuk kerja, harus meminta izin/ memberitahu terlebih dahulu kepada kepala sekolah, lewat surat/ telpon/ SMS disertai tugas untuk siswa dan surat keterangan dari dokter bagi yang sakit lebih dari 3 (tiga) hari diserahkan ke guru piket.
  4. Guru dan staf yang tidak masuk kerja tanpa ada keterangan, kepala sekolah berhak  untuk:
Menelpon/ sms kepada yang bersangkutan, untuk menanyakan alasan  terlambat/ tidak masuk kerja, atau memanggilnya untuk kelarifikasi.
  1. Guru dan staf yang tidak masuk kerja dalam 3 (tiga) hari berturut-turut tanpa ada keterangan, kepala sekolah berhak untuk:  
a.       Meminta klarifikasi- Memberi surat peringatan ke-1;
b.      Apabila tidak ada tanggapan maka sekolah akan memberi surat peringatan ke- 2;
c.       Apabila tetap tidak ada tanggapan, maka kepala sekolah melaporkannya kepada atasan.
  1. Guru dan staf yang karena sesuatu hal akan meninggalkan sekolah sebelum jam pelajaran terakhir selesai, harus meminta izin kepada kepala sekolah/ wakasek Majanemen Mutu/ kaur TU/ guru piket.
  2. Guru yang sakit diperkenankan meninggalkan sekolah setelah melapor kepada Kepala sekolah/ wakasek/ kaur tu/ guru piket.
  3. Guru pulang paling cepat 10 (sepuluh) menit setelah jam pelajaran terakhir selesai.
  4. Staf pulang jam 13.00.


Lampiran 4  SK Kepala SMPN 1 Maja
Nomor                  : 800/ 419/SMP.01/Disdik/2012
Tentang               : STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR GURU PIKET


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
GURU PIKET


  1. Guru piket wajib hadir di sekolah 15 (lima belas) menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai.
  2. Menyelenggarakan administrasi guru piket antara lain; buku agenda piket, daftar hadir/pulang guru dan staf, buku tamu dan surat keterangan keluar masuk siswa. 
  3. Memeriksa dan mengendalikan kegiatan siswa dalam k5lh. Diperbolehkan menyuruh siswa/ kelas untuk melakukan kebersihan.
  4. Mengendalikan siswa yang terlambat hadir. Di bawah 5 (lima) menit diberi surat keterangan masuk, di atas 5 (lima) menit diberi sangsi melakukan kebersihan.
  5. Mengatur/ mengurus kepentingan Guru dan Staff TU dalam hal kesiangan dan  ijin keluar.
  6. Melaporkan kejadian yang bersifat khusus/penting kepada yang terkait (Wali kelas/guru BP/ Wakasek/ Kepalasa sekolah)  untuk diselesaikan.
  7. Mengatur kegiatan kelas yang gurunya tidak hadir, bisa berkoordinasi dengan yang terkait.
8.       Menerima tamu baik pribadi maupun dinas dengan mempersilahkan untuk mengisi buku tamu, melayani dan mengatur kepentingannya.
9.       Mengurus administrasi perijinan siswa yang karena sesuatu hal hendak meninggalkan kbm/ sekolah dengan catatan siswa tidak diperbolehkan menggunakan sepeda motor.




Lampiran 5  SK Kepala SMPN 1 Maja
Nomor  : 800/ 419/SMP.01/Disdik/2012
Tentang               : STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UPACARA, BRIEFING DAN RAPAT, LABORATORIUM PENDIDIKAN, PERPUSTAKAAN.

A.      UPACARA SENIN PAGI.
1.     Guru dan Staf Wajib mengikuti Upacara
2.     Guru dan staf wajib menandatangani absen khusus Upacara.
3.     Guru wajib menjadi Pembina upacara, sesuai dengan jadwal.
4.     Guru yang menjadi Pembina upacara apabila berhalangan hadir, wajib memberitahu/ meminta ijin minimal 1 (satu) hari sebelumnya kepada Kepala Sekolah/ Wakasek Kesiswaan/ Guru Piket
5.     Guru yang rutin setiap hari Senin melaksanakan kegiatan MGMP/ tugas dinas lainnya, diwajibkan mengikuti upacara 2 (dua) kali dalam sebulan.

B.      UPACARA PHBI/ PHBN DAN LAINNYA
1.       Peserta upacara ditetapkan oleh Kepala Sekolah.
2.    Guru yang telah ditetapkan menjadi peserta upacara apabila berhalangan hadir, wajib member itahu/ meminta ijin minimal 1 (satu) hari sebelumnya kepada Kepala Sekolah/ Wakasek.
3.       Peserta upacara sebelum dan sesudah pelaksanaan wajib berada di sekolah.

C.      BRIEFING DAN RAPAT
1.    Guru dan staf wajib mengikuti Briefing/  Rapat.
2.    Briefing/ rapat dapat diselenggarakan secara rutin atau insidental sesuai kebutuhan.
3.    Pemberitahuan/ undangan Briefing  dapat dilakukan secara mendadak melalui pengumuman langsung/ tertulis.
4.    Pemberitahuan/ undangan rapat dibuat secara tertulis dan diedarkan minimal 1 (satu) hari sebelumnya.
5.    Pemberitahuan/ Undangan rapat dibuat  dan diedarkan oleh wakasek humas setelah ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
6.    Guru dan staf  apabila berhalangan hadir mengikuti rapat, wajib memberitahu/ meminta ijin minimal 1 (satu) hari sebelumnya kepada Kepala Sekolah/ Wakasekbid Humas.
7.    Guru dan Staf wajib mengisi daftar hadir rapat atau briefing.
8.    Wakasek humas mengatur jalannya Briefing/ rapat (tempat, acara, daftar hadir dan Notulen)
9.    Wakasek humas menjadi notulen dalam pelaksanaan briefing.

D.      LABORATORIUM PENDIDIKAN (LAB IPA, LAB BAHASA, LAB KOMPUTER, LAB MULTIMEDIA)
1.    Kepala LAB bertanggungjawab atas pengelolaan LAB
2.    Pengguna LAB  adalah guru dan siswa sesuai dengan jadwal.
3.    Guru mata pelajaran wajib  mendampingi siswa selama praktek
4.    Penggunaan LAB diluar jam belajar harus mendapat ijin Kepala LAB, diketahui Kepala Sekolah.
5.    Guru dan siswa yang menggunakan LAB wajib menjaga K5LH
6.    Kepala LAB mengatur/ mengurus kepentingan Guru  yang akan menggunakan LAB.
7.    Kepala LAB melaporkan kejadian penting kepada kepala sekolah untuk diselesaikan.
8.    Kepala LAB secara berkala menyampaikan laporan tertulis kepada Kepala Sekolah tentang jalannya penggunaan LAB.

E.       PERPUSTAKAAN
1.    Pengguna perpustakaan adalah seluruh warga SMPN 1 Maja (Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta siswa)
2.    Kepala Perpustakaan bertanggungjawab atas pengelolaan Perpustakaan:
a.       Membuat rencana pengembangan Perpustakaan
b.      Mengatur/ mengurus tugas Pustakawan
c.       Membuat jadwal kunjungan
d.      Menjaga K5LH
e.      Membuat laporan berkala/ bulanan kepada Kepala Sekolah

Ditetapkan di                     : Maja
Pada Tanggal                      : 09 Januari 2012
Kepala Sekolah,




OBAY SOBARI, S.Pd.
 NIP. 19570807 197903 1 005

1 komentar:

ebestore mengatakan...

Mantapppp.....